Jumat, 29 April 2011

RPP & SILABUS

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP)
Satuan Pendidikan            : SLTP
Mata Pelajaran      : Matematika
Kelas / Semester    : VIII / II
Alokasi Waktu      : 2 x 40 menit

A.          Standar kompetensi    
Memahami sifat – sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian – bagiannya serta menentukan ukurannya.

B.           Kompetensi dasar       
5.3 menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan    limas.

C.          Indikator
Ø  Akademik :
1.     menemukan luas permukaan kubus.
2.     menghitung luas permukaan kubus.
3.     menemukan luas permukaan balok.
4.     menghitung luas permukaan balok

D.          Tujuan pembelajaran
Ø  Akademik :
1.     Siswa dapat menemukan luas permukaan kubus.
2.     Siswa dapat menghitung luas permukaan kubus.
3.     Siswa dapat menemukan luas permukaan balok.
4.     Siswa dapat menghitung luas permukaan balok.


Ø  Nilai Karakter :
1.        Guru bersama siswa memulai pembelajaran dengan do’a serta  mendo’akan siswa yang sedang sakit.(Religius)
2.        Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan LKS yang diberikan oleh guru.( Kerjasama)
3.        Siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya dan meminta kelompok lain untuk menanggapi pekerjaan temannya.(Percaya diri , Mandiri dan Kritis).
4.        Guru memberikan penghargaan pada kelompok – kelompok yang paling menonjol. (Saling Menghargai)

E.           Materi ajar                  
1.      Luas permukaan kubus dan balok

F.           Sumber belajar            
1.      Buku Siswa (Sukino dan Wilson Simangunsong. 2006. Matematika untuk SMP Kelas VIII, Jakarta: Erlangga)
2.      LKS 1 (Terlampir)
3.      Soal tes hasil belajar (Terlampir)

G.          Metode pembelajaran  
·        Model pembelajaran : Kooperatif Tipe STAD
·        Metode                     : Resitasi, Diskusi, dan Penemuan

H.    Alat dan bahan
·        Gunting, penggaris dan alat tulis.
·        Model kubus dan balok.





I.        Langkah Pembelajaran
Ø  PERTEMUAN  PERTAMA
A. Pendahuluan : (10 menit)
Langkah 1      : menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
1.        Guru datang tepat waktu.
2.        Guru bersama siswa memulai pembelajaran dengan do’a serta  mendo’akan siswa yang sedang sakit.
3.        Apersepsi
Mengkaitkan materi yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya dimana materi sebelumnya mendukung materi yang akan dipelajari yaitu Unsur-unsur yang dimiliki bangun ruang dan Jaring-jaring kubus & Balok.
Contoh :
Ø Unsur-unsur yang dimiliki bangun ruang :
-   Rusuk
-   Sisi
-   Titik sudut dst.
Ø Luas Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang.
Ø Jaring-jaring  kubus dan balok  adalah kubus dan balok yang diiris beberapa rusuknya, kemudian direbahkan sehingga terbentuk sebuah rangkaian bangun datar.

4.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran serta mengkomunikasikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
5.         Motivasi
   Memotivasi  siswa dengan cara memberikan contoh permasalahan dalam kehidupan sehari-hari mengenai luas permukaan kubus dan balok.
Contoh :
Guru bertanya kepada siswa ”Kalian pernah membuat kado untuk teman kalian berbentuk kubus atau balok? (sambil menunjukkan alat peraga berbentuk kubus dan balok).
Misal ada  permasalahan seperti ini ” Hanafi dan Muji seorang siswa di SMP Mutiara Bunda. Dia mau memberi kado pada temannya, bendanya berupa kotak kecil. Ternyata Hanafi dan Muji tidak mempunyai tempat untuk kadonya tersebut sehingga dia harus membuat tempatnya terlebih dahulu sebelum dia memberikan pada temannya. Sebagai tempatnya, Hanafi ingin membuat kotak yang mempunyai panjang, lebar, tinggi sama, sedangkan Muji ingin membuat kotak yang mempunyai panjang, lebar, tinggi tidak sama .”
Coba bantu Hanafi dan Muji untuk menentukan ukuran kertas yang dibutuhkan untuk tempat kado Hanafi dan Muji tersebut.           

B. Kegiatan Inti ( ± 55 menit )
Ø  Eksplorasi :
Fase-2 (Menyampaikan informasi)
1.      Guru memberikan informasi baru kepada siswa.
Misal : cara menyelesaikan  permasalahan luas permukaan kubus dan balok yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari seperti permasalahan yang dihadapi hanafi dan muji.
2.      Guru menginformasikan bahwa siswa akan bekerja dalam kelompok-kelompok untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan Luas permukaan kubus dan balok.

Fase-3 (Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok – kelompok belajar)
3.    Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok belajar yang heterogen dengan anggota masing – masing 4 - 5 orang.
4.    Membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada siswa.
5.    Meminta perwakilan tiap kelompok untuk mengambil alat/media pembelajaran.
6.    Guru meminta siswa membaca secara cermat pertanyaan – pertanyaan yang ada pada LKS sekaligus mengerjakannya dan melakukan kegiatan – kegiatan yang termuat di dalamnya.


Ø   Elaborasi:
Fase-4 (Membimbing kelompok belajar dan bekerja)
7.    Siswa bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan LKS yang diberikan oleh guru.
8.    Guru memantau pekerjaan siswa dalam kelompok dan memberikan bimbingan pada kelompok yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan LKS tentang luas permukaan kubus dan balok.

Ø   Konfirmasi:
Fase-5 (Evaluasi)
8.    Guru meminta beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya dan meminta kelompok lain untuk menanggapi pekerjaan temannya.
9.    Guru memberikan umpan balik
10.  Guru melakukan evaluasi dengan meminta siswa mengerjakan soal tes yang diberikan oleh guru.

Fase-6 (Memberikan penghargaan)
10.  Guru memberikan penghargaan pada kelompok – kelompok yang paling menonjol dalam suatu hal dengan tujuan untuk lebih memotivasi siswa dalam belajar sehingga siswa akan meningkatkan belajarnya. Misalnya guru memberikan penghargaan pada kelompok yang kerjasamanya baik, kelompok yang aktif, kelompok yang kompak dan bisa juga pada kelompok yang berani menyampaikan pendapat.

C.  Penutup ( ± 10 menit )
1.    Guru menunjuk beberapa siswa untuk dapat menarik kesimpulan yang didapat pada pelajaran hari ini.
2.      Guru  bersama siswa merangkum materi yang telah dipelajari yaitu luas permukaan kubus dan balok.
Contoh :
Jadi rumus untuk menemukan luas permukaan kubus adalah 6 x s2 sedangkan luas permukaan balok adalah 2x(p.l+p.t+l.t).
3.      Siswa diminta untuk mempelajari materi selanjutnya yaitu volume balok dan kubus.

J.      Penilaian
Teknik                      : tes tulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen    : Lembar Kerja Siswa (LKS)



























KISI – KISI SOAL

 Satuan Pendidikan                  : SMP
Mata Pelajaran                        : Matematika
Kelas / Semester                      : VIII / 2
No.
Indikator
Soal
Kunci
1.

2.


Menemukan Rumus Luas Permukaan Kubus dan Balok.
Menghitung Luas Permukaan Benda yang berbentuk kubus dan balok.

LKS no.1

Kuis no.1, 2


dilampirkan

dilampirkan




RUBRIK PENILAIAN

No
Kriteria
Tingkat
Keterangan
1
2
3
4
1.
Pemahaman terhadap konsep Luas Permukaan kubus dan balok.





1. Menunjukkan sedikit atau
    tidak ada pemahaman
    terhadap konsep    
    segitiga.
2. Menunjukkan pemahaman
    terhadap sebagian besar
    konsep segitiga.
3. Menunjukkan pemahaman 
    terhadap konsep    
    segitiga.
4. Menunjukkan pemahaman 
    yang lebih terhadap  konsep  
    segitiga.
2.
Strategi – strategi yang digunakan




1. Tidak menggunakan    
    strategi – strategi yang  
    sesuai.
2. Menggunakan strategi –
    strategi yang kurang sesuai.
3. Menggunakan strategi –
    strategi yang sesuai.
4. Menggunakan strategi –
    strategi yang sangat sesuai.
3.
Komputasi




1. Komputasinya tidak benar.
2. Komputasinya kurang
    benar.
3. Komputasinya sebagian
    besar benar.
4. Komputasinya benar.
4.
Ketepatan dalam pengukuran




1. Ketepatan dalam  
    pengukuran tidak baik.
2. Ketepatan dalam
    pengukuran kurang baik.
3. Ketepatan dalam
    pengukuran baik.
4. Ketepatan dalam
    pengukuran sangat baik
5.
Kerjasama antar anggota kelompok




1. Kerjasama antar anggota
    kelompok tidak baik atau
    tidak ada
2. Kerjasama antar anggota
    kelompok kurang baik
3. Kerjasama antar anggota
    kelompok baik.
4. Kerjasama antar anggota
    kelompok sangat baik.



Lembar Kegiatan Siswa 1
(LKS 1) 


Luas Permukaan Kubus

1.   Diberikan 1 model kubus lalu Berilah nama pada setiap rusuk-rusuk kubus dengan huruf s, sehingga s adalah rusuk-rusuk kubus.
2.  Ukurlah rusuk kubus.
3.  Lalu guntinglah model kubus I dan II sehingga membentuk jaring-jaringnya.
4.  Rebahkan bidang-bidang hasil guntingan dari model kubus tersebut, sehingga diperoleh rangkaian bangun datar persegi yang kongruen.
5.  Hitunglah luas permukaaan kubus pada tabel yang telah disediakan !
no
panjang
Lebar
tinggi
luas
Sisi I
Sisi
II
Sisi
III
Sisi IV
Sisi V
Sisi VI
kubus
1
..........
........
........
.........
...........
.........
.....
......
.........
........
2
..........
........
.........
..........
...........
.........
.......
......
........
........
3
s
s
s
..........
...........
..........
......
.....
........
.........

Berdasarkan kegiatan yang kalian lakukan di atas, jika sebuah kubus mempunyai panjang rusuk s satuan panjang. Tulislah rumus luas permukaan kubus tersebut !
Luas permukaan kubus adalah
= sisi I + sisi II + ..........+ ...........+...........+.......
= ............ X ...........
= .............................
6.  Apakah yang dapat kalian simpulkan dari jawaban-jawaban di atas?
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................
...........................................................................................................................








Luas Permukaan Balok

1.        Diberikan 1 kotak berbentuk balok, lalu Berilah nama pada setiap rusuk-rusuk balok dengan huruf p , l dan t dengan p adalah panjang balok, l adalah lebar balok dan t adalah tinggi balok.
2.       Ukurlah rusuk balok.
3.       Lalu guntinglah model balok I dan II sehingga membentuk jaring-jaringnya.
4.       Rebahkan bidang-bidang hasil guntingan dari model balok
5.       tersebut, sehingga diperoleh rangkaian bangun datar persegi panjang.
6.       Hitunglah luas permukaaan balok pada tabel yang telah disediakan !
no
panjang
Lebar
tinggi
luas
Sisi I
Sisi
II
Sisi
III
Sisi IV
Sisi V
Sisi VI
kubus
1
..........
........
........
.........
...........
.........
.....
......
.........
........
2
..........
........
.........
..........
...........
.........
.......
......
........
........
3
p
l
t
..........
...........
..........
......
.....
........
.........
Berdasarkan kegiatan yang kalian lakukan di atas, jika sebuah balok mempunyai panjang rusuk p satuan panjang, lebar rusuk l satuan panjang dan tinggi t satuan panjang . Tulislah rumus luas permukaan balok tersebut!
Rumus luas permukaan balok adalah
= sisi I + sisi II + ..........+ ...........+...........+.......
= (p x t ) + (p x t) + (...x...) + (....x...) + (....x.....) + (...x....)
= 2 x (p x t ))+ (2 x ........) + (2 x ..........)
= 2 x ((p x t) +...........+............)

7.   apakah yang dapat kalian simpulkan dari jawaban-jawaban di atas?

...........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................










KUNCI JAWABAN


Lembar Kegiatan Siswa 1
(LKS 1)




Luas Permukaan Kubus

1.        Diberikan 1 model kubus, misal rusuk kubus 10 cm dan 15 cm. Berilah nama pada setiap rusuk-rusuk kubus dengan huruf s, sehingga s adalah rusuk-rusuk  kubus.







2.       Lalu guntinglah model kubus I dan II sehingga membentuk jaring-jaringnya.
3.       Rebahkan bidang-bidang hasil guntingan dari model kubus tersebut, sehingga diperoleh rangkaian bangun datar persegi yang kongruen.
Alternatif jawaban:







Misal :





4.       Hitunglah luas permukaan kubus pada tabel yang telah disediakan !
no
panjang
Lebar
tinggi
luas
Sisi I
Sisi
II
Sisi
III
Sisi IV
Sisi V
Sisi VI
kubus
1
10
10
10
100
100
100
100
100
100
600
2
15
15
15
225
225
225
225
225
225
1350
3
s
s
s
S2
S2
S2
S2
S2
S2
6S2
Berdasarkan kegiatan yang kalian lakukan di atas, jika sebuah kubus mempunyai panjang rusuk s satuan panjang. Tulislah rumus luas permukaan kubus tersebut!
Luas permukaan kubus adalah
= sisi I + sisi II + sisi III + sisi IV + sisi V + sisi VI
= S2+ S2+ S2+ S2+ S2+ S2
= 6 x S2
5.       apakah yang dapat kalian simpulkan dari jawaban-jawaban diatas?
-      Luas permukaan kubus dapat didapatkan dengan cara menjumlahkan luas semua  sisi pada kubus.
-       Luas permukaan kubus adalah  6 x S2














Luas Permukaan Balok

1.        Diberikan 1 kotak kue berbentuk balok, misal rusuk balok mempunyai panjang 12 cm, lebar 10 cm dan tinggi  4 cm. Lalu Berilah nama pada setiap rusuk-rusuk balok dengan huruf p , l dan t dengan p adalah panjang balok, l adalah lebar balok dan t adalah tinggi balok.







2.       Lalu guntinglah model balok I dan II sehingga membentuk jaring-jaringnya.
3.       Rebahkan bidang-bidang hasil guntingan dari model balok tersebut, sehingga diperoleh rangkaian bangun datar persegi panjang.
Misal :






4.       Hitunglah luas permukaaan balok pada tabel yang telah disediakan!
no
panjang
Lebar
tinggi
luas
Sisi I
Sisi
II
Sisi
III
Sisi IV
Sisi V
Sisi VI
Balok
1
15
10
7
70
150
70
150
105
105
650
2
12
10
4
40
120
40
120
48
48
416
3
p
l
t
(l x t)
(p x l)
(l x t)
(p x l)
(px t)
(px t)
(l x t)+ (p xt) + (l xt) + (p x l)+ (p x t)+ (px t)

Berdasarkan kegiatan yang kalian lakukan di atas, jika sebuah balok mempunyai panjang rusuk p satuan panjang, lebar rusuk l satuan panjang dan tinggi t satuan panjang . Tulislah rumus luas permukaan balok tersebut!
Rumus luas permukaan balok adalah
= sisi I + sisi II + sisi III + sisi IV + sisi V + sisi VI
= (l x t ) + (p x l) + (lxt) + (pxl) + (pxt) + (pxt)
= 2 x (p x t ))+ (2 x ( p x l )) + (2 x (l x t))
= 2 x ((p x t) +( p x l )+ ( l x t ))
5.       apakah yang dapat kalian simpulkan dari jawaban-jawaban diatas?
-   Luas permukaan balok dapat didapatkan dengan cara menjumlahkan luas semua  sisi pada balok.
-   Luas permukaan balok adalah 2 x ((p x t) +( p x l )+ ( l x t ))
























Soal Tes Hasil Belajar

Satuan Pendidikan       : SMP
Mata Pelajaran             : Matematika
Materi                           : Kubus dan Balok
Kelas/ Semester             : VIII/ 2
Alokasi Waktu              : 2 × 45 menit
              
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan baik dan benar !
1.    Hitunglah luas permukaan kubus di bawah ini! 
                 







2.                                                                                       Ari akan memberi kado ulang tahun untuk toni, agar tampak menarik, kotak kado itu akan dibungkus dengan kertas kado.
Agar kertas kado yang dibutuhkan cukup, perlu mengetahui berapa sentimeter persegi luas sisi kotak kado itu, bila panjangnya 15 cm, lebar 20 cm dan tingginya 15 cm. Hitung luas kertas kado yang dibutuhkan ari!

PEDOMAN PENSKORAN JAWABAN SOAL TES
No
Jawaban
Bobot  Skor
3.
Diketahui:




Ditanya: luas permukaan kubus ?
Jawab:
L = 6  s2
L = 6  32
L = 6  9
L = 54
Jadi luas permukaan kubus tersebut adalah 54 cm2.



5







15




5


Bobot total
25
4.
Diketahui:
Panjang (p) = 15 cm
Lebar (l)= 20 cm
Tinggi (t)=15 cm
Ditanya : Luas kertas kado yang dibutuhkan?
Jawab:





Jadi luas kertas kado yang dibutuhkan adalah 1650 cm2.

5






15






5


Bobot total
25
Jumlah Bobot Keseluruhan
50

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar